Rabu, 09 Maret 2016

CARA MEMBEDAKAN MADU MURNI DAN CAMPURAN

CARA MEMBEDAKAN MADU MURNI DAN CAMPURAN

Beberapa kendala konsumen dalam mendapatkan madu murni adalah stok yang terbatas serta mahalnya harga madu murni. Tetapi yang paling menjadi momok adalah banyaknya madu campuran atau tidak murni yang banyak beredar di masyarakat selama ini. Untuk itu kami mencoba memberikan beberapa tips dan cara untuk membedakan madu murni dengan madu campuran.

1. Test Madu Dengan Semut

Mungkin cara ini adalah yang paling klasik digunakan konsumen untuk menguji kemurnian madu.     Caranya adalah dengan meneteskan madu ke dalam piring atau gelas lalu biarkan semut untuk           mengerubungi madu anda. Jika madu anda adalah madu murni, maka semut hanya akan                 mengerubungi madu itu saja tanpa masuk ke dala madu karena madu murni mengandung enzim yang tidak disukai semut. Sedangkan pada madu campuran (mengandung gula), maka semut akan berenang ke dalam madsu tersebut.

MADU ASLI HANYA DIKERUBUNGI SEMUT TANPA BERENANG DI DALAMYA

2. Test Madu Dengan Air

Siapkan satu gelas air lalu tuangkan madu ke dalam air tersebut. Madu murni tidak akan bercampur dengan air dan justru mengental, sedangkan madu campuran akan segera bercampur dengan air.

TEST MADU DENGAN AIR

3. Test Madu Dengan Kertas

Tuangkan madu di atas kertas, Madu asli memiliki kandungan air yang sangat sedikit sehingga tidak akan membuat kertas berlubang, sedangkan madu campuran biasanya mempunyai kandungan air yang cukup tinggi sehingga akan membuat kertas berlubang.

MADU MURNI TIDAK AKAN MEMBUAT KERTAS BERLUBANG

4. Test Madu Dengan Freezer

Masukkan madu ke dalam freezer. Madu asli tidak akan membeku walaupun berada di dalam freezer selama berhari-hari.

MADU ASLI TIDAK MEMBEKU DI DALAM FREEZER




Tidak ada komentar:

Posting Komentar